ICC SIAP SAMBUT PALESTINA SEBAGAI ANGGOTA TANGGAL 1 APRIL

icc, 10  Jumadil Akhir 1436/30 Maret 2015 (MINA) – Persiapan sedang dilakukan Mahkamah  Kriminal Internasional  () di Den Haag, Negeri Belanda,  untuk menyambut  anggota baru   pada 1 April yang akan datang.

Duta Besar Palestina untuk  Belanda Nabil Abuznaid mengatakan perayaan penyambutan akan diadakan pada Rabu 1 April 2015 pukul 10 pagi dan akan dihadiri Ketua ICC, Panitera, Presiden Majelis Umum ICC, para hakim, kepala departemen dan anggota delegasi Palestina yang dipimpin Menteri Luar Negeri Riyad Al-Malki.

Dalam upacara tersebut, Al-Malki akan menyerahkan salinan asli dari Statuta Roma (perjanjian yang didirikan ICC) sebelum menyampaikan pidato atas nama Palestina, Middle East Monitor seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, Senin.

Baca Juga:  Sukamta: Kondisi Tujuh Bulan Agresi Israel Tak Membuat Rakyat Palestina Menyerah

Abuznaid  mengungkapkan isu ini mengundang perhatian media yang belum pernah terjadi sebelumnya di kota Den Haag.

Awal tahun ini, Sekjen. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon telah menerima permintaan Palestina untuk bergabung dengan ICC, langkah yang akan membuka jalan bagi penyaluran pengaduan-pengaduan kejahatan perang terhadap Palestina.

Bergabungnya Palestina dalam ICC akan membuka jalan bagi Palestina untuk memperkarakan kasus-kasus kejahatan serius yang dilakukan di wilayah-wilayah pendudukan Palestina.

Makanya Israel dan Amerika Serikat menentang diterimanya Palestina bergabung di ICC.

Pemimpin Palestina Mahmud Abbas menandatangani permohonan untuk bergabung dengan ICC–beserta ke 16 kesepakatan lainnya–pada 31 Desember, satu hari setelah Dewan Keamanan PBB gagal mengesahkan resolusi, yang bisa membuka jalan bagi terwujudnya negara Palestina secara penuh.

Baca Juga:  JK Diajak Terlibat Akhiri Kekerasan di Palestina

Israel membalas diterimanya Palestina di ICC dengan membekukan dana pengembalian pajak pendapatan sebesar 127 juta dolar AS ( Rp1,6 triliun) bagian Otoritas Palestina dan menyatakan tekad akan mengambil langkah-langkah lainnya sebagai balasan  terhadap tindakan Palestina bergabung dengan ICC. (T/R04/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0