Jurnalis Kantor Berita MINA Jadi Peserta Aktif dalam Lokakarya Jurnalisme Persatuan Kantor Berita OKI

(Sumber: UNA-OKI)

Jakarta, MINA – Tiga jurnalis Kantor Berita MINA menjadi salah satu peserta aktif pada lokakarya virtual bertajuk “Penerapan Prinsip Verifikasi Konten Media dalam Pemberitaan” yang digelar Persatuan Kantor Berita Organisasi Kerjasama Islam (), Selasa (18/7).

Lokakarya jurnalistik internasional ini bekerja sama dengan Ruptly, lembaga internasional terkemuka di bidang video dan survei jurnalistik, dengan partisipasi lebih dari 500 jurnalis dari negara-negara anggota .

Hadir dalam lokakarya jurnalisme tersebut yakni Kepala Redaksi Bahasa Arab Kantor Berita MINA Rifa Berliana Arifin, Kepala Peliputan Rana Sertiawan, dan Penanggung Jawab IT dan Media Sosial Chamid Riyadi.

Lokakarya ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan yang diperlukan dan teknologi terkini yang digunakan dalam verifikasi konten media, khususnya yang berkaitan dengan video dan gambar.

Baca Juga:  Ramah Lansia, Asrama Haji Aceh Siap Sambut Jamaah 2024

Lokakarya tersebut memungkinkan jurnalis kantor berita dan media di negara-negara Islam untuk belajar tentang teknologi terbaru dalam mendeteksi metode pemalsuan yang terus berkembang, dan mengidentifikasi aplikasi yang digunakan dalam aspek ini.

Materi pelatihan dalam workshop dibawakan oleh Kepala Unit Verifikasi Ruptly Agency, Mary Saclario, yang membekali para peserta dengan mekanisme dan keterampilan verifikasi dan investigasi keabsahan konten media.

Selain itu, memungkinkan peserta untuk mengatasi tantangan terkait dengan dimasukkannya proses verifikasi sebagai inti dari pekerjaan sehari-hari organisasi media mereka.

Peserta juga belajar tentang proses verifikasi dan validasi di ruang redaksi, dan pekerjaan dasar yang harus dilakukan sebelum konten video dipublikasikan dan didistribusikan. (L/R1/RI-1)

Baca Juga:  Ketum ICMI: Indonesia Peringkat Kedua Dunia soal Sampah Sisa Makanan

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.