Kuburan Massal Rohingya Ditemukan di Rakhine Myanmar

Kuburan massal warga Rohingya yang ditemukan di Gudamfara, Buthidaung Selatan, Negara Bagian Rakhine pada tanggal 27 September 2017. (Gambar: Arakan Times)

Buthidaung, MINA – Sebuah kuburan massal berisi jasad 12 warga Rohingya yang dibunuh oleh tentara Myanmar dan ekstremis Buddha Rakhine ditemukan di Gudamfara, Buthidaung Selatan, Negara Bagian Rakhine pada tanggal 27 September 2017.

Koresponden Arakan Times melaporkan pada Jumat (29/9) dari daerah konflik, ada ratusan kuburan massal Rohingya di berbagai wilayah Maungdaw, Buthidaung dan Rathedaung. Para korban dikubur oleh pasukan Myanmar agar tidak ada yang menemukannya sebagai bukti pembersihan etnis.

Namun, pemerintah Myanmar menyebarkan propaganda bahwa mayat-mayat Rohingya yang ditemukan di kuburan massal adalah tubuh orang-orang Hindu yang dibunuh oleh militan Rohingya.

Baca Juga:  PM Inggris: Izin Ekspor Senjata ke Israel Tidak Berubah

Arakan Times mengklaim bahwa lebih dari 4.000 orang Rohingya telah dibantai oleh pasukan keamanan Myanmar dan ekstremis Buddha Rakhine. Hampir seluruh rumah orang Rohingya di Maungdaw, Rathedaung dan Buthidaung dibakar menjadi abu sejak 25 Agustus 2017.

Hampir 500.000 orang Rohingya telah meninggalkan Negara Bagian Rakhine, Myanmar menyeberang ke Bangladesh, terutama dari Maungdaw dan Rathedaung.

Hingga saat ini, warga Rohingya masih terus mengalir menyelamatkan diri dari kekerasan yang terus berlanjut di utara Rakhine.

Pasukan Myanmar masih melakukan serangan pembakaran dan kekejaman terhadap sebagian orang Rohingya yang masih tersisa di tiga wilayah, meskipun ada seruan penghukuman internasional kepada pemerintah Myanmar. (T/RI-1/RS3)

 

Baca Juga:  Terkait Aksi Demo Mahasiwa, Biden: Tidak Ada Tempat untuk Anti-semitisme

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.