Lewat Donasi Digital, BAZNAS-GoPay Permudah Masyarakat Berbagi di Bulan Ramadhan

acara Launching dan Talkshow Berbagi Kebaikan kerja sama BAZNAS dan GoPay di Jakarta, Jumat (29/3/2024). (Foto: Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bekerja sama dengan GoPay untuk mempermudah masyarakat melakukan donasi dan membayar zakat selama bulan Ramadhan ini melalui platform digital.

Pimpinan BAZNAS RI mengatakan, masyarakat dapat berdonasi dan membayar zakat secara mudah melalui Kanal Berbagi Kebaikan di aplikasi GoPay.

“BAZNAS bekerja sama dengan Gopay untuk menyampaikan bahwa berderma melalui platform digital itu mudah, bisa di mana saja, kapan saja,” kata dalam acara Launching dan Talkshow Berbagi Kebaikan kerja sama BAZNAS dan GoPay di Jakarta, Jumat (29/3).

Selain untuk mempermudah, kerja sama BAZNAS dan GoPay bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas mengingat masyarakat yang sudah sangat kritis terhadap pengelolaan donasi.

Baca Juga:  BNPB Terjunkan Tim Drone Petakan Titik Potensi Bencana Susulan Sumbar

Sementara itu, Yogi Harsudiono, Kepala Urusan Regulasi GoPay Indonesia mengatakan, kolaborasi pembayaran donasi digital dengan BAZNAS sudah sangat tepat, tahun lalu sudah terkumpul banyak donasi.

“BAZNAS juga merupakan mitra strategis kami dalam penyaluran donasi digital ini, apa lagi BAZNAS sebagai satu-satunya lembaga resmi pemerintah,” ujar Yogi.

Yogi berharap, bulan Ramadhan ini bisa mengumpulkan donasi hingga satu miliar yang kemudian disalurkan melalui BAZNAS pada 19 April 2024 nanti.

“Penyalurannya sendiri kami rencanakan untuk paket sembako, renovasi musala, biaya pendidikan untuk anak-anak panti asuhan,” ujarnya.

BAZNAS RI pada Ramadhan tahun ini menargetkan pengumpulan sebesar Rp 430 miliar dan Rp 3 triliun secara nasional.

Sejauh ini BAZNAS telah melakukan kerja sama dengan hampir 130 platform digital dalam pengumpulan donasi.

Baca Juga:  Apa Benar Islam Tidak Mendorong untuk Kaya?

Sumbangsih pengumpulan donasi dari platform digital sendiri hampir 20-25 persen dari perolehan BAZNAS. (L/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ali Farkhan Tsani