MI Al-Fatah Al-Muhajirun Adakan Perkemahan Pramuka

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fatah Al-Muhajirun menyelenggarakan Perkemahan Pramuka Tahunan selama tiga hari di lapangan Gaza, Komplek Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Al-Muhajirun, Natar, Lampung Selatan.

Pada pembukaan perkemahan, Rabu (12/1) Mudirus Shuffah Muflihudin, Lc., mengatakan, dari kegiatan ini akan banyak nilai pelajaran dan pesan moral yang dapat diambil.

“Alhamdulillah pada pagi yang cerah ini, tidak ada suatu kegiatan pun bagi seorang muslim yang tidak bernilai ibadah, oleh karenanya, bagaimana kegiatan yang dilakukan harus bernilai ibadah, menambah ilmu, pengalaman dan sebagainya,” ujarnya.

“Melalui kegiatan perkemahan ini tentu banyak sekali nilai, pesan moral dan pelajaran yang dapat kita ambil. Namun perlu diperhatikan juga acara ini merupakan suatu aplikasi pelaksanaan latihan pramuka selama ini, perkemahan biasanya kita adakan di kelas, halaman madrasah, tetapi ini di lapangan terbuka,” terang Mudir.

Ia menegaskan, tak hanya sekedar berkemah, tetapi bagaimana mempraktikkan kegiatan yang bersifat Jama’i (Berjama’ah), seperti makan bersama, gotong royong bersama, sampai dengan kerja sama tim atau kelompok dalam menyelesaikan tugas.

“Jadikan ini sebagai sarana belajar di alam terbuka, belajar kerjasama, mengenal sesama, mengenal alam, mudah-mudahan kita bisa mengambil pelajarannya,” tegas Mudir.

Ia berharap, masing-masing mentaati Dharma Pramuka, seperti cinta alam dan cinta kepada sesama manusia, tidak berfikiran untuk merusak alam, apalagi mengganggu kawan sesamanya.

Bismillah, acara perkemahan yang diselenggarakan sejak Selasa hingga Kamis, dengan ini Mudirus Shuffah Ponpes Al-Fatah, Madrasah Ibtidaiyah secara resmi kami buka, Allahuakbar,” tutup Mudir.

Sementara, Pembina Pramuka MI, Umi Solechah mengatakan, kegiatan Pramuka bertema Menanamkan Kemandirian dan Tanggung Jawab, diselenggarakan selama tiga hari, yaitu sejak Selasa-Kamis (11-13/1).

“Kegiatan ini diadakan tahunan, dan ini diikuti oleh kelas IV-VI, serta panitia juga dibantu dari beberapa santri MA Al-Fatah,” ujarnya, “Pembukaan rencananya akan diadakan Selasa, namun karena kondisi cuacanya kemarin hujan, maka pembukaan diundur, tetapi kegiatan yang diagendakan tetap berjalan,” lanjutnya. (L/R12/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.