Pemerintah Aceh Gelar Pawai Takbir Sambut Idul Fitri

Pawai takbir keliling yang digelar pemerintah Aceh.(Foto: Dok. MINA)

Banda Aceh, MINA – Setelah mendapat protes dari berbagai pihak perihal ditiadakannya pawai takbir keliling, Dinas Syariat Islam Aceh akhirnya mengumumkan pawai takbir menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah tetap digelar malam hari raya nanti.

“Tidak jadi kita ganti dengan Festival Takbiran di Masjid Raya Baiturrahman sebagai respons untuk memenuhi aspirasi masyarakat,” kata Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Saifan Nur di Banda Aceh, Ahad (7/4).

Saifan mengatakan pawai takbir keliling dimulai setelah shalat Isya hingga pukul 00.00 WIB. Pelepasan peserta direncanakan oleh Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah.

Untuk meningkatkan antusiasme masyarakat, Saifan menyebutkan Pemerintah Aceh menyediakan dana partisipasi sebesar Rp1 juta untuk 21 grup pertama yang mendaftar.

Baca Juga:  Idul Adha di Cox’s Bazar: Derita dan Harapan Pengungsi Rohingya

Hadiah dan trofi juga disiapkan untuk para juara, dengan jumlah hadiah bervariasi mulai dari Rp2 juta hingga Rp9 juta.

“Sampai saat ini sudah ada 15 grup yang mendaftar lewat Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) di Aceh,” ujarnya.

Adapun rute pawai takbir keliling dipusatkan di depan menara utama Masjid Raya Baiturrahman. Kemudian, peserta berjalan kaki ke Simpang Kodim, Simpang Surabaya, Simpang Jambo Tape, hingga ke Simpang Lima. Pawai takbir keliling jalan kaki berhenti di Jalan Mohd. Jam samping Masjid Raya Baiturrahman.

Saifan mengimbau warga Banda Aceh dan Aceh Besar untuk berpartisipasi dalam pawai takbir keliling ini, baik dengan mobil hias maupun jalan kaki. Pendaftaran dapat dilakukan melalui nomor 082230181966 dan 085260074618.

Baca Juga:  Idul Adha di Cox’s Bazar: Derita dan Harapan Pengungsi Rohingya

“Kami juga mengajak warga Banda Aceh dan sekitarnya untuk turut serta meramaikan pawai takbir keliling ini, sebagai bentuk syukur dan semarak menyambut hari kemenangan,” kata Saifan Nur.(R/AR/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan