Pemerintah Yaman Dukung Upaya Perdamaian Baru Saudi

Al-Mukalla, MINA – Pemerintah yang diakui secara internasional menyambut upaya diplomatik ekstensif untuk mengakhiri lebih dari delapan tahun perang antara pemerintah dan milisi .

Menteri Informasi Yaman, Muammar Al-Eryani, mengatakan, pemerintahnya memuji upaya Saudi untuk mengakhiri konflik di Yaman, dan memulihkan perdamaian dan stabilitas di negara itu.

“Akan mendukung setiap inisiatif perdamaian yang akan mengakhiri penderitaan rakyat Yaman. Kami menyampaikan penghargaan kami atas upaya luar biasa yang dilakukan oleh saudara-saudara di Kerajaan Arab Saudi untuk membawa perdamaian ke Yaman,” kata Muammar seperti dikutip Arab News, Senin (10/4).

Ia menegaskan dukungan penuhnya atas upaya mereka untuk mencapai perdamaian di kawasan, dan memindahkannya dari tahap konflik internal, perselisihan ke salah satu stabilitas dan keamanan.

Dia menambahkan bahwa intervensi militer koalisi Arab di Yaman pada Maret 2015 telah menghentikan kemajuan militer Houthi dan menggeser keseimbangan kekuatan demi kepentingan pemerintah, yang memungkinkan mereka untuk mengusir pasukan Houthi dari sekitar 80 persen wilayah Yaman.

Selain bantuan militer kepada pemerintah Yaman, Al-Eryani mengatakan bahwa selama lebih dari satu dekade, Arab Saudi mensponsori inisiatif perdamaian GCC, yang mengakibatkan pengunduran diri mantan presiden Ali Abdullah Saleh, mensponsori banyak putaran pembicaraan damai antar partai politik di Yaman.

“Kami sangat menghargai bantuan politik, ekonomi, dan kemanusiaan yang diberikan kepada pemerintah, dan rakyat Yaman oleh Koalisi Dukungan Legitimasi yang dipimpin Saudi,” ujarnya.

Pernyataan menteri Yaman dibuat setelah duta besar Saudi untuk negara itu, Mohammed Al-Jaber, bertemu pada hari Ahad (9/4) dengan pemimpin Houthi Mahdi Al-Mashat di Sanaa untuk membahas teks akhir perjanjian damai untuk mengakhiri konflik. (T/R6/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.