Ribuan Jamaah Masjid An-Nubuwwah Lampung Shalat Idul Fitri 1445 H di Lapangan Gaza

Ribuan jamaah Masjid An-Nubuwwah Lampung menggelar Shalat Idul Fitri 1445 H di Lapangan Gaza, Al-Muhajirun, Natar, Lampung Selatan. Idul Fitri 1445 H jatuh pada Rabu, 10 April 2024. (Foto: Habib/MINA)

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Ribuan jamaah Masjid An-Nubuwwah Lampung melaksanakan Shalat Idul Fitri 1445 H di Lapangan Gaza, Al-Muhajirun, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Rabu (10/4).

Para jamaah sudah memadati lokasi sejak pukul 06.00 WIB. Imam dan khatib Shalat Idul Fitri 1445 H disampaikan oleh Wali Lampung, Ustaz Amin Nuroni.

Shalat Idul Fitri, yang menandai akhir dari bulan suci Ramadan, telah menjadi momen penting bagi umat Islam di seluruh .

Ustaz Amin, dalam khutbahnya menekankan pentingnya Ramadhan sebagai bulan yang membawa berkah dan kesempatan untuk memperbaiki diri.

“Dalam suasana penuh kerendahan hati ini, mari kita renungkan bagaimana Ramadhan telah mempengaruhi kita secara pribadi. Melalui puasa, shalat, dan amalan kebajikan lainnya, kita telah memiliki kesempatan untuk merenungkan kehidupan kita dan mengevaluasi hubungan kita dengan Allah,” kata Ustaz Amin.

Baca Juga:  Wapres Ma’ruf Amin: Jalin Semua Elemen Bangsa

Lebih lanjut, Ustaz Amin mengajak para jamaah untuk mempertimbangkan bagaimana mereka dapat terus membawa semangat Ramadan dalam kehidupan sehari-hari mereka, dengan tetap mempertahankan ketakwaan, kebaikan, dan kasih sayang kepada sesama.

“Marilah kita terus menjaga semangat Ramadan dalam hati kita. Dengan demikian, kita dapat menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat kita dan memperjuangkan keadilan serta kedamaian bagi semua,” katanya.

Mengutip ungkapan Ali Bin Abi Thalib, Ustaz Amin menjelaskan, orang yang bertakwa mempunyai empat sifat utama. Pertama, al-khaufu minal-jalil, merasa takut kepada Allah SWT yang mempunyai sifat Maha Agung. Kedua, al-‘amalu bi at-tanzil, beramal dengan apa yang diwahyukan oleh Allah SWT.

Ciri ketiga, lanjut Ustaz Amin, ar-ridha bil-qalil, merasa cukup dan ridha dengan pemberian Allah SWT, meskipun hanya sedikit. “Orang yang berpuasa harus bersyukur atas nikmat pemberian Allah, walaupun hanya sedikit,” katanya.

Baca Juga:  Hadapi Konspirasi Zionis, Ulama Palestina Serukan Perjalanan ke Al-Aqsa

Ustaz Amin menambahkan, ciri orang bertaqwa yang keempat, al-isti`dadu li yaumir-rahil, yaitu sentiasa mempersiapkan bekal untuk menghadapi kematian dan kembali menghadap Allah.

Di hadapan jamaah Idul Fitri 1445 H, Ustaz Amin mengatakan jika empat ciri orang bertaqwa itu ada pada seseorang, maka dia telah mampu mencapai derajat muqarrabin (dekat dengan Allah).

Kehadiran ribuan jamaah Masjid An-Nubuwwah Lampung di Lapangan Gaza adalah bukti nyata dari semangat kebersamaan, solidaritas, dan cinta dalam agama Islam. Semoga momen yang suci ini membawa berkah dan keselamatan bagi umat manusia di seluruh dunia. (L/R2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.