Taj Yasin: Madrasah Lahirkan Generasi Berkualitas dan Berakhlak

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen membuka Rakerwil Pengurus DPW FKDT Provinsi Jateng di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang (Foto: Humas Prov Jateng)

Semarang, MINA – diniyah berperan penting dalam upaya mencetak generasi bangsa yang berkualitas dan berakhlakul karimah.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah Maimoen ketika membuka Rapat Kerja Wilayah Pengurus DPW Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Provinsi Jateng di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Rabu (18/1).

“Madrasah diniyah mempunyai peran strategis dalam upaya mencetak generasi bangsa yang berkualitas dan berakhlakul karimah,” katanya.

Madrasah diniyah tidak hanya mengenalkan ilmu agama Islam, tetapi juga mengajarkan akhlak, moral, dan budi pekerti.

“Era sekarang banyak muncul bullying, kekerasan seksual, termasuk narkoba, maka peran dari madrasah diniyah sangat penting karena selain mengajarkan agama juga mengajarkan akhlak dan budi pekerti. Saya harapkan madrasah diniyah lebih maju lagi,” ungkap Taj Yasin.

Menurutnya, orang tua dan lingkungan berperan dalam keberhasilan anak, karenanya dituntut untuk memberikan pendidikan yang terbaik, terutama pendidikan ilmu agama.

“Salah satunya belajar pada pendidikan nonformal madrasah diniyah yang tersebar di berbagai pelosok desa,” katanya.

Taj Yasin di kesemoatan itu, juga mengarahkan pengurus madrasah diniyah agar memanfaatkan serambi masjid untuk kegiatan belajar dan mengajar.

Menurutnya, melaksanakan kegiatan belajar di masjid, selain dapat memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi umat, juga mempermudah membentuk karakter peserta didik.

“Saya juga mengarahkan, kalau bisa mencari barokah di madrasah lewat sekolahnya itu di serambi masjid. Hal itu supaya mereka lebih menjaga dan serius dalam membentuk karakter para santri atau muridnya,” katanya. (R/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.