Takluk 0-2 dari Uzbekistan, Indonesia Terhenti di Babak 16 Besar Asian Games 2023

Striker Timnas Indonesia Ramadhan Sananta. (Gambar: X)

Hangzhou, MINA – Berlaga di babak 16 besar di Asian Games 2023 di Hangzhou, China, Timnas Sepak Bola Putra Indonesia  takluk ditekuk Uzbekistan dengan skor 0-2.

Kedua gol Uzbekistan dicetak di dua babak tambahan setelah Indonesia suskes menahan lawan dengan skor 0-0 pada 90 menit waktu normal.

Sejak awal pertandingan di Stadion Sangcheng Sport Centre pada Kamsi sore (28/9), tim Uzbekistan terus menekan Indonesia dengan penguasaan bola yang berujung pada serangan. Sejumlah peluang emas bagi para pemain Uzbekistan yang tercipta belum mampu dikonversi menjadi gol.

Pada 15 menit terakhir babak pertama, Indonesia sempat membuat pertahanan lawan panik dengan serangan-serangan bola mati. Namun, Egy Maulana Vikri, Ramai Melvin Rumakiek dan Ramadhan Sananta yang didatangkan khusus pada pertandingan ini belum mampu menunjukkan ketajamannya di lini depan.

Baca Juga:  Berdayakan Ekonomi Santri, BAZNAS Selenggarakan Kompetisi Santripreneur Agrobisnis

Skuad Uzbekistan juga belum sanggup merobek gawang yang dikawal oleh Ernando Ari, meski mereka sanggup sampai di area penalti Indonesia. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Lima menit awal di babak kedua, tendangan roket pemain Uzbekistan dari tendangan bebas mengancam gawang Indonesia, tetapi Ernando Ari mampu melakukan penyelamatan gemilang.

Beberapa kali serangan Uzbekistan mengacak-acak pertahanan Garuda Muda dan memberi ancaman serius. Pada sepuluh penit terakhir, pertahanan Indonesia digempur secara bergelombang oleh skuad Uzbekistan.

Namun, kuatnya baris pertahanan Rizki Ridho dkk sanggup mensterilkan gawang Indonesia dari gol. Skor 0-0 bertahan sampai peluit panjang ditiup. Hasil itu memaksa diadakannya dua babak tambahan.

Baca Juga:  Israel Serang Rafah Saat Perundingan Gencatan Senjata

Namun, pada menit awal babak tambahan pertama gawang Indonesia justru kebobolan melalui skema tendangan sudut. Skor 1-0 bagi Uzbekistan.

Di penghujung babak tambahan kedua, Indonesia kembali kemasukan satu gol, setelah kartu merah bagi Hugo Samir memaksa Indonesia bermain dengan sepuluh pemain. Gol itu dilesakkan oleh Sherzod Esanov. Skor 2-0 untuk Uzbekistan.

Hasil itu bertahan hingga pertandingan diakhiri oleh wasit. Dengan demikian, laju Garuda Muda terhenti hanya sampai di babak 16 besar. (L/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.