TURKI AKAN BANGUN KEMBALI MASJID-MASJID RUSAK DI GAZA

(Dok. PIC)
(Dok. PIC)

Gaza, 21 Shafar 1437/3 Desember 2015 (MINA) – Wakil Ketua Departemen Agama Turki, Hasan Yilmaz menyatakan pihaknya akan membangun kembali masjid yang dihancurkan selama agresi Israel tahun lalu.

“Kami bangga melihat perlawanan heroik rakyat Palestina dan ketabahan yang kuat saat menghadapi musuh Israel,” kata Yilmaz selama kunjungannya ke Gaza. The Palestina Information Center (PIC) dikutip Mi’raj Islam News Agency (MINA).

Ketika membuka Masjid Al-Safa di kamp pengungsi Bureij, pusat Gaza, Yilmaz mengatakan, kunjungannya itu bertujuan untuk meletakan batu fondasi proyek pembangunan masjid di Gaza oleh Turki yang sebelumnya sudah dinyatakan oleh Delegasi Turki, Muhammad Kormaz, sebulan yang lalu.

Baca Juga:  UEA Peringatkan Israel tentang Eskalasi Regional di Timteng

Yilmaz menekankan pentingnya dan kesucian Al-Quds serta Masjid Al-Aqsha bagi umat Islam dan ia menyampaikan dukungan kuat dan terbuka rakyat Turki untuk Palestina.

Kementerian Agama Turki berusaha mengembangkan wisata religi Muslim di wilayah Al-Quds dan mengatur perjalanan peziarah Turki ke kota yang diduduki sebelum menuju ke Makkah.

Sementara itu, Dr. Ahmed Baher, Kepala Dewan Legislatif Palestina, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Turki dan masyarakatnya yang terus mendukung secara politik dan finansial kepada warga Palestina.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Turki Racep Tayyib Erdogan yang mengambil sikap positif dalam mendukung berkelanjutannya Intifadhah Al-Quds.

Tahap pertama dari kampanye Turki meliputi rekonstruksi sembilan masjid yang dihancurkan dengan menghabiskan dana lebih dari 4 juta Dollar AS.

Baca Juga:  Israel Berencana Kirim Pasukan Tambahan ke Rafah

Selama agresi Israel di Gaza, 110 masjid hancur, sementara 436 lainnya rusak. (T/P011/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Comments: 0