Doa Sore Hari

Ilustrasi sore. (dok. ChristianHermawan.wordpress.com)
Ilustrasi sore. (dok. ChristianHermawan.wordpress.com)

Sore atau petang adalah suatu masa dalam hari setelah berlangsungnya siang. Waktu sore menjadi penghubung antara siang dan malam sehingga para pekerja, siswa, pegawai dan kebanyakan orang menyudahi aktifitasnya di waktu sore untuk menemui malam yang digunakan untuk istirahat.

Dalam kehidupan sehari-hari, sore berada di antara pukul 15:00 sampai pukul 18:00 saat matahari mulai condong sinarnya. Sebagian orang mengatakan sore sama dengan waktu Ashar, yaitu dari selesainya Zuhur (panjang bayang-bayang benda melebihi panjang benda itu sendiri) sampai Maghrib (diawali ketika terbenamnya matahari). Terbenam Matahari di sini berarti seluruh “piringan” matahari telah “masuk” di bawah horizon (cakrawala).

Baca Juga:  Qurban dan Keteladanan Keluarga Nabi Ibrahim

Allah Subehana Wa Ta’ala menyinggung waktu sore/petang ini dalam firman-Nya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْراً كَثِيراً. وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلاً

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut Nama) Allah dzikir yang se­banyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzab: 41-42).

Salah satunya adalah hadits dari Anas bin Malik radhiyallah ‘anhu ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: ‘Aku duduk bersama orang-orang yang berzikir kepada Allah dari mulai salat Subuh sampai terbit matahari lebih aku sukai dari memerdekakan empat orang budak dari anak Ismail. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berzikir kepada Allah dari mulai salat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai dari memerdekakan empat orang budak’.” (HR. Abu Dawud no. 3667, lihat Shahiih Abi Dawud 11/698 no. 3114 – MisykaatulMashaabiih no. 970, hasan).

Baca Juga:  11 Rekomendasi Konferensi Al-Aqsa di Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta

Adapun doa yang ringan dibaca di kala sore atau petang adalah sebagai berikut:

اَللهُمَّ بِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

Allohumma bika amsainaa wa bika ashbahnaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikal mashiir

“Ya Allah, karena Engkau kami mengalami akan waktu petang dan pagi, karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”

(T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori