Peringatan Hari Pahlawan, Gus Jazil: Jadikan Sebagai Inspirasi

Jakarta, MINA – Wakil Ketua MPR Dr. H. Jazilul Fawaid SQ., MA., mengajak kepada seluruh komponen masyarakat dalam Peringatan Hari Pahlawan, 10 November Tahun 2021, ini dengan menjadikan pahlawan sebagai inspirasi.

Menurutnya, hal itu sangat tepat sebab nilai-nilai yang dikandung para pahlawan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.mengenang jasa-jasa para mereka.

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, menjadikan pahlawan sebagai inspirasi merupakan suatu penghargaan atas jasa-jasa mereka yang telah mendarmabaktikan segala aktivitas hidupnya pada bangsa dan negara.

“Tanpa mereka bangsa ini tidak akan merdeka dan menjadi bangsa sebesar ini,” ujarnya dalam keterangan tertulisanya di Jakarta, Selasa (9/11).

Baca Juga:  Prof Saiful Akmal Pakai “Kafiyeh” Palestina Saat Orasi Ilmiah di Ar-Raniry

Mengenang jasa para pahlawan khususnya dalam setiap peringatan 10 November, menurut pria kelahiran Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, itu jangan hanya sekadar dengan mengikuti acara seremonial, upacara bendera, namun bagaimana nilai-nilai keseharian mereka yang lebih mendahulukan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dijadikan tauladan dalam keseharian.

“Nilai-nilai inilah yang perlu diimplementasikan dalam hidup kita,” paparnya.

Pahlawan menurut alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu merupakan manusia yang luar biasa. Sikap yang demikian diakui tidak bisa dimiliki oleh semua orang.

“Mereka sudah bangun sebelum kita terbangun dan belum tidur saat kita sudah tertidur,” ucapnya. “Mereka setiap hari memikirkan bagaimana bangsa ini merdeka dan jaya,” tambahnya.

Baca Juga:  Sudah 164 Calon Santri Ponpes Al-Fatah, Pendaftaran Masih Dibuka

Sikap-sikap yang demikian menurut pria yang akrab dipanggil Gus Jazil itu perlu dijadikan inspirasi untuk berbuat yang lebih untuk menjaga dan memajukan Indonesia.

“Sikap mereka dijadikan inspirasi bagamaina seharusnya kita bertindak,” tegasnya.(R/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi