Menlu Saudi Serukan Israel Patuhi Hukum Internasional, Cegah Kelaparan di Gaza

Kairo, MINA – Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan menyerukan kepada Israel untuk mematuhi hukum internasional dan hukum humaniter internasional dalam operasi militernya di Gaza.

“Israel menerapkan kebijakan kelaparan yang sistematis di Jalur Gaza,” kata Pangeran Faisal bin Farhan dalam konferensi pers bersama Menlu Mesir Sameh Shoukry di Kairo, Ahad (28/1).

Anadolu melaporkan, Pangeran Faisal bin Farhan juga meminta Israel untuk menghentikan agresi pendudukan Israel terhadap Gaza.

“Kita membutuhkan resolusi internasional yang berharga dan mengikat untuk menghentikan agresi pendudukan Israel terhadap Gaza,” ujarnya.

Sementara itu Sameh Shoukry menyerukan Israel mematuhi putusan Mahkamah Internasional (ICJ) dalam kasus dugaan genosida di Gaza yang dituduhkan padanya.

Baca Juga:  Iran dan Negara Lain Walkout di Acara FIFA karena Kehadiran Israel

Hakim ICJ telah membacakan putusan pendahuluan kasus dugaan genosida yang dilakukan Zionis Israel di Gaza. Dalam putusannya, ICJ tak menerbitkan perintah gencatan senjata di Gaza seperti yang diharapkan banyak pihak.

ICJ juga menyerukan Israel segera menerapkan langkah-langkah guna memungkinkan penyediaan layanan dasar dan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan di Gaza. (R/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf