BANGUNAN KANTOR BERITA ANADOLU DISERANG ISRAEL

Ketua persatuan wartawan Medya-Is, Gursel Eser (Foto : AA)
Ketua persatuan wartawan Medya-Is, Gursel Eser (Foto : AA)

Ankara, 4 Syawal 1435/ 31 Juli 2014 (MINA) – Serangan militer Israel di Gaza mengancam wartawan yang bekerja untuk mencari fakta dan kebenaran untuk disiarkan  pada  dunia, kata Ketua Persatuan Media Turki Selasa.

Ketua Persatuan Wartawan Medya-Is, Gursel Eser, mengatakan, dalam pernyataan tertulis, “wartawan semakin sering menjadi target serangan Israel dalam beberapa hari terakhir”. Demikian dilaporkan Anadolu Agency yang diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

Secara khusus Ketua menyatakan keprihatinannya atas laporan bahwa pasukan Israel melancarkan serangan terhadap bangunan kantor berita Anadolu dan kantor media massa lainnya di beberapa wilayah Gaza, pada Selasa.

Baca Juga:  Sekjen ISMES: Presiden Iran Wafat, Bela Palestina Terus Berlanjut

Kantor dari Kantor Berita Turki, Anadolu Agency, di Jalur Gaza, dihantam bom Israel hingga rusak parah meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Eser mengatakan, tentara Israel telah melakukan serangan dengan sengaja kepada bangunan  Kantor Berita Anadolu Agency. Serangan ini telah dilaporkan kepada fihak  keamanan Israel melalui misi diplomatik Turki di Gaza.

“Israel secara terbuka mengancam sebuah saluran media yang telah mencerminkan kebenaran kepada dunia dengan siaran langsung wartawan di lokasi kejadian,” katanya.

Israel telah mengabaikan resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap aksi-aksinya di wilayah pendudukan berkali-kali sebelumnya, sejak memulai invasi militer di Jalur Gaza pada 7 Juli.

Kebanyakan  korban serangan Israel adalah warga sipil. Sedikitnya 1.300 warga Palestina syahid, dan lebih dari 6.550 terluka dalam serangan Israel tanpa henti itu, demikian Departemen Kesehatan Palestina.

Baca Juga:  Norwegia, Irlandia, dan Spanyol Segera Akui Negara Palestina

Menurut angka resmi Israel, di fihaknya 53 tentara dan tiga warga sipil telah tewas sejak pertempuran dimulai.(T/P012/IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Comments: 0