Indonesia-Jepang Kerjasama Teliti Tanaman Sorgum untuk Energi Alternatif

Plt. Kepala , Bambang Subiyanto. (Risma MINA)

Bogor, MINA – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya dan Universitas Kyoto di Jepang, melakukan kerjasama penelitian ().

“Program penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi yang mampu mengembalikan padang rumput alang-alang untuk lahan produktif serta untuk menghasilkan dan memanfaatkan biomassa untuk produksi energi dan material terbarukan,” kata Plt. Kepala LIPI, Bambang Subiyanto saat ‘Serah Terima Peralatan Riset dari JICA’ di PKT Kebun Raya LIPI, Bogor, Rabu (21/3).

Kerjasama ini, tambah Bambang, di dukung oleh Japan International Coorporation Agency (JICA) dan Japan Science and Technology (JST) untuk jangka waktu 2016 sampai 2021, dengan judul ‘Producing Biomass Energy and Material Through Revegetation of Alang-alang (Imperata cylindrica) Fields’.

Baca Juga:  UIN Ar-Raniry Diharapkan Jadi Penggerak Moderasi Beragama

“Hingga tahun 2018 telah disumbangkan 53 alat-alat laboratorium untuk kegiatan SATREPS yang secara resmi akan diserahterimakan kepada LIPI,” ujar Bambang.

Bambang mengatakan, dalam kerjasama penelitian SATPRES ini sedang dilakukan penelitian tanaman yang mampu tumbuh cepat pada lahan marginal dengan input teknologi yang mampu meningkatkan produktivitas pada lahan alang-alang melalui seleksi dan perbaikan genetik tanaman sorgum.

“Sehingga, tanaman sorgum mempunyai kandungan lignin yang tinggi, tahan kekeringan dan penyakit, serta tidak mudah rebah,” ungkap Bambang.

Menurut Bambang, tanaman sorgum dipilih karena tanaman ini mampu tumbuh pada lahan kering, marginal serta dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk energi dan pangan tetapi juga untuk pakan yang sangat diperlukan oleh masyarakat lahan kering.

Baca Juga:  Bukan Heat Wave, BMKG: Peralihan Musim Penyebab Suhu Udara Jadi “Gerah”

“Selain itu, untuk meningkatkan keragaman hayati dari lahan alang-alang, akan dilakukan intercropping antara tanaman yang mempunyai nilai ekonomi dan ekologi yang tinggi dengan memperhatikan keragaman genetik lokal,”  pungkas Bambang. (L/R09/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.