Israel Sepakat Terapkan Jeda Serangan 4 Jam Sehari di Gaza Utara

, MINA – Otoritas dikabarkan telah setuju untuk menerapkan jeda selama empat jam setiap hari dalam serangan  terhadap pejuang perlawanan di wilayah tertentu di Gaza utara, Palestina.

Jeda ini memungkinkan warga sipil menyelamatkan diri atau keluar rumah tanpa takut akan bahaya. Demikian Gedung Putih mengumumkan pada Kamis (9/11), yang merupakan puncak dari tekanan selama berhari-hari dari Presiden Biden kepada Israel, ketika jumlah korban terus meningkat.

Kesepakatan tersebut meresmikan dan memperluas apa yang telah dilakukan Israel dalam beberapa hari terakhir dengan menghentikan serangan di sepanjang satu koridor selama beberapa jam untuk memungkinkan orang meninggalkan Gaza utara, seperti dikutip The New York Times, Jumat (10/11)

Selain membuka koridor evakuasi kedua di sepanjang jalan pesisir, Israel akan menetapkan wilayah atau lingkungan tertentu setiap hari yang akan bebas pertempuran selama empat jam.

Daerah yang dipilih setiap hari untuk jeda pertempuran akan diumumkan tiga jam sebelumnya, menurut pejabat Amerika dan Israel. Bukan hanya untuk memperbolehkan lebih banyak orang berangkat tetapi juga untuk menyediakan jendela yang bebas dari serangan udara atau serangan lainnya sehingga penduduk yang tinggal di Gaza utara tahu bahwa mereka dapat dengan aman meninggalkan rumah untuk mendapatkan makanan dan obat-obatan, pergi ke rumah sakit, mengunjungi keluarga atau jika tidak, pindah ke komunitas mereka.

Baca Juga:  Misi Dagang UEA di Indonesia Gali Potensi Peningkatan Perdagangan Non-Minyak

“Kami telah diberitahu oleh Israel bahwa tidak akan ada operasi militer di wilayah ini selama masa jeda dan proses ini akan dimulai hari ini,” kata John F. Kirby, juru bicara Gedung Putih, kepada wartawan melalui telepon konferensi.

“Ini adalah langkah-langkah yang baik ke arah yang benar,” tambah Kirby, sambil mengatakan bahwa Gedung Putih berharap jeda akan terus berlanjut “selama diperlukan.”

Kirby mengatakan jeda harian ini juga akan memungkinkan pengiriman lebih banyak pasokan kemanusiaan dan mungkin memfasilitasi pembebasan lebih dari 200 sandera yang ditahan oleh Hamas, termasuk segelintir orang Amerika.

Dia mencatat bahwa 106 truk bantuan kemanusiaan menyeberang ke Gaza pada hari Rabu, memenuhi target AS yang menyediakan 150 truk per hari.

“Kita perlu melihat lebih banyak dan perlu melihat lebih banyak lagi segera,” kata Kirby.

Di Israel, kantor Perdana Menteri mengatakan, dalam sebuah pernyataan bahwa pasukan negaranya mengizinkan perjalanan yang aman ke Gaza selatan, dan menambahkan bahwa 50.000 warga Gaza telah mengambil rute tersebut pada hari Rabu.

“Pertempuran terus berlanjut dan tidak akan ada tanpa pembebasan sandera kami,” kata pernyataan itu, menambahkan, ‘Kami sekali lagi menyerukan penduduk sipil Gaza untuk mengungsi ke selatan.’

Baca Juga:  Arab Saudi, Maroko, dan Mesir Serukan Gencatan Senjata di Tengah Agresi Israel

Pihak berwenang Israel tampaknya sangat ingin memperjelas bahwa jeda tersebut hanya terbatas pada waktu dan wilayah, bukan penghentian yang lebih luas dan berkelanjutan dalam operasi militer mereka yang dimaksudkan untuk membubarkan Hamas.

“Tidak ada gencatan senjata,” tulis Pasukan Pertahanan Israel di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

“Ada jeda taktis dan lokal untuk bantuan kemanusiaan bagi warga sipil Gaza,” imbuh pernyataan.

Militer menambahkan: “Perang kami adalah dengan Hamas dan bukan dengan rakyat Gaza.”

Pengumuman pembukaan koridor pelarian kedua dan jeda harian baru ini muncul setelah upaya berhari-hari yang dilakukan Biden dan timnya untuk membujuk Israel agar berbuat lebih banyak guna meminimalkan korban sipil.

Biden meminta Netanyahu dalam panggilan telepon pada Senin untuk menghentikan kampanye udara dan darat melawan Hamas.

Menteri Luar Negeri Antony J. Blinken membahas kasus ini selama kunjungannya ke wilayah tersebut, dan pejabat lainnya, termasuk Menteri Pertahanan Lloyd J. Austin III dan Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional presiden, melobi rekan-rekan Israel mereka.

“Saya telah meminta jeda lebih dari tiga hari,” kata Biden kepada wartawan pada hari Kamis sebelum melakukan perjalanan ke Illinois.

Ketika ditanya apakah ia frustrasi karena Netanyahu membutuhkan waktu lama untuk menyetujuinya, presiden mengisyaratkan ketidaksabarannya.

Baca Juga:  Bendera Palestina Berkibar di Wisuda Universitas Michigan

“Ini memakan waktu sedikit lebih lama dari yang saya harapkan,” katanya. “Mengenai nasib para sandera. Kami masih optimis,” imbuh Biden.

Namun Biden belum mengikuti seruan beberapa orang di partainya dan di seluruh dunia untuk melakukan gencatan senjata penuh, dengan alasan bahwa Israel memiliki kepentingan yang sah untuk menghancurkan Hamas setelah serangan teroris pada 7 Oktober yang menewaskan lebih dari 1.400 orang. Dia mengesampingkan prospek gencatan senjata lagi pada hari Kamis, dengan mengatakan: “Tidak ada. Tidak ada kemungkinan.”

Kirby berpendapat bahwa gencatan senjata bukanlah tindakan yang bijaksana, dan mengatakan bahwa Hamas akan mendapat manfaat dari penghentian total aksi militer. “Sejujurnya, gencatan senjata saat ini secara praktis akan melegitimasi apa yang mereka lakukan pada 7 Oktober, dan kami tidak akan mendukung hal itu saat ini,” kata Kirby.

Dia menyatakan simpatinya atas tantangan militer Israel dalam menghadapi Hamas sambil menghindari jatuhnya korban sipil.

“Mereka memerangi musuh yang ada di masyarakat sipil, menggunakan rumah sakit dan infrastruktur sipil dalam upaya melindungi diri dari akuntabilitas dan menempatkan rakyat Palestina yang tidak bersalah pada risiko yang lebih besar,” ucap Kirby.

“Pada saat yang sama, Israel mempunyai kewajiban untuk sepenuhnya mematuhi hukum internasional. Dan kami yakin jeda ini adalah sebuah langkah ke arah yang benar, khususnya untuk membantu memastikan bahwa warga sipil memiliki kesempatan untuk mencapai wilayah yang lebih aman dan jauh dari aksi pertempuran,” imbuh Kirby. (T/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.