KOMANDAN OPOSISI: ISIL KIRIM SENJATA KE SURIAH

Ilustrasi senjata di Suriah (Gambar: AP)
Ilustrasi senjata di Suriah (Gambar: AP)

Damaskus, 5 Ramadhan 1435/3 Juli 2014 (MINA) – Komandan oposisi bersenjata Suriah mengatakan kelompok yang berafiliasi dengan Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) mengirimkan senjata berat, termasuk rudal Scud, dari Irak ke Suriah.

Jenderal Abu Ubaida, komandan oposisi, kemarin mengatakan kepada Anadolu Agency di Damaskus, ibukota Suriah, kelompok bersenjata mulai memindahkan senjata yang disita di Irak ke kota Suriah Utara, Raqqa, untuk melawan kemungkinan operasi pasukan Amerika Serikat.

“ISIL mulai menyimpan senjata di Raqqa karena mereka tahu rezim Assad tidak akan menyerang mereka di kota,” kata Abu Ubaida, Anadolu Agency yang dikutip MINA.

Irak menyaksikan peningkatan kekerasan sektarian antara Sunni dan Syiah pada bulan Juni, dengan koalisi kelompok oposisi bersenjata pimpinan ISIL yang telah mengambil alih sebagian besar wilayah provinsi yang didominasi kalangan Sunni di negara itu.

“ISIL bekerja sama dengan sisa-sisa rezim Ba’ath Irak dan suku setempat dalam perjuangan mereka melawan pemerintah Baghdad,” kata Ubaida, menambahkan bahwa ISIL juga mempertahankan kerjasama dengan pemerintah Suriah.

Ia juga mengklaim bahwa militan ISIL dipimpin oleh orang yang mengambil bagian dalam operasi Al-Mukhabarat, agen mata-mata Suriah.

Gelombang terbaru dari oposisi di Irak dimulai ketika pejuang ISIL dipimpin merebut kota Mosul pada 10 Juni dan segera setelahnya mengambil alih sejumlah kota penting lainnya dan termasuk Tikrit, Tal Afar, Fallujah dan Baiji. (T/P09/R2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Comments: 0