Mendikbud Buka Pameran Arsip Kebudayaan Islam dan Sejarah Istiqlal

Buka Pameran Arsip Sejarah Istiqlal. (Foto: Fithri/MINA)

Jakarta, 24 Jumadil Awwal 1438/22 Februari 2017 (MINA) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) secara resmi membuka Pameran Arsip Kebudayaan Islam dan Sejarah Istiqlal pada Milad Masjid Istiqlal ke-39, di Selasar Utama Teras Raksasa Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (22/2) sore.

“Saya mengapresiasi atas terselenggaranya acara milad masjid istiqlal yang ke-39 ini yang dimeriahkan dengan adanya pameran arsip kebudayaan Islam dan sejarah Istiqlal” ujarnya.

Dalam sambutannya, Muhadjir berharap nantinya masyarakat Indonesia dapat terus menggali potensi-potensi khasanah kebudayaan Islam.

“Semoga, ke depan kita dapat terus menggali dan mengeksplorasi potensi-potensi kekayaan khasanah kebudayaan kita untuk nantinya kita rawat dan kita fungsikan kembali sebagai sarana budaya maupun untuk ziarah, serta meningkatkan kapasitas negara, dan ekonomi nasional,” harapnya.

Muhadjir memaparkan bahwa sejarah mencatat, Masjid Istiqlal dibangun sebagai simbol dari kemerdekaan dan persatuan Indonesia. Pemancangan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada 24 Agustus 1961.

Setelah masa waktu yang cukup panjang, lanjut Muhadjir, Masjid Istiqlal kemudian diresmikan penggunaannya oleh Presiden RI Kedua Soeharto pada 22 Februari 1978. Tanggal 22 Februari kemudian ditetapkan sebagai Hari Ulang Tahun Masjid Istiqlal.

“Sebagai destinasi yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat, kendaknya kita sebagai warga negara tetap mengingat visi dari para pendiri negara kita ini dan pemerkasa masjid istiqlal yakni presiden pertama Indonesia,” tuturnya.

Lebih jauh, Muhadjir mengungkapkan bahwa pihaknya berencana ingin menghidupkan dan membangkitkan kembali semangat persatuan yang mulai terancam disintegrasi dengan munculnya berbagai macam masalah baru.

“Dengan adanya ini, yang sekaligus dimeriahkan dengan pameran arsip kebudayaan Islam dan Sejarah Istiqlal dapat menjadikan Indonesia yang lebih maju dan menjadi kiblat kebangkitan Islam yang moderat di seluruh dunia,” kata Muhadjir. (L/R09/R12-P02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.