MESIR BUKA PERBATASAN RAFAH SELAMA TIGA HARI

Maher Abu Shebhah, Kepala Perbatasan Rafah. foto : mirajnews.com
Maher Abu Shebhah, Kepala .
foto : mirajnews.com

, 2 Rabi’ul Akhir 1436/23 januari 2015 (MINA) – Otoritas membuka perbatasan yang berbatasan dengan selama tiga hari, sejak Selasa (20/1) baik arah yang akan masuk atau pun keluar Jalur Gaza.

Ribuan orang yang telah mengantri selama beberapa minggu terakhir untuk keluar dan masuk ke Jalur Gaza akhirnya bisa melintasi perbatasan tersebut.

Kepala perbatasan Rafah Gaza, Maher Abu Shebhah kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) mengatakan, selama tiga hari itu setidaknya 1200 orang yang masuk atau keluar Gaza telah melintasi Rafah.

“Selama tiga hari ini, sekitar 1200 orang yang telah melintas diperbatasan Rafah,” katanya.

Baca Juga:  Pembangunan Dermaga Gaza Selesai, Tapi Operasinya Tertunda

Padahal menurutnya untuk memenuhi kebutuhan per hari warga Gaza melewati perlintasan itu (keluar-masuk) sebanyak 1500 orang.

Shebhah menambahkan, hingga saat ini yang terdaftar untuk keluar dari Jalur Gaza sebanyak 50 ribu orang dengan berbagai keperluan.

“Yang terdaftar dikementrian dalam negeri sejumlah 8000 orang dari 50 ribu orang yang memiliki keperluan untuk keluar dari Gaza,” katanya.

Sementara itu, sejak Kamis pagi diluar gerbang perbatasan Rafah – Gaza terlihat antrian warga Gaza yang akan keluar namun belum mendapatkan izin.

Perlintasan ini menjadi satu-saatunya akses bagi warga Gaza untuk keluar atau pun masuk ke Jalur Gaza, setelah terjadi agresi tahun lalu. Perlintasan ini rencananya akan dibuka selama 24 jam penuh, namun hingga kini hal itu belum terealisasi.

Baca Juga:  Hamas: Israel Tolak Proposal Genjatan Senjata yang Diajukan Mediator

Otoritas Mesir sendiri berasalan, ditutupnya Rafah karena situasi keamanan di semananjung Sinai yang cukup mencekam dan sering terjadi baku tembak antara pemberontak dengan pasukan pemerintah Mesir. (K01/K02/K03/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Abu Al Ghazi

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0