OKI DAN LIGA ARAB SERUKAN GENCATAN SENJATA SELAMA RAMADHAN

Kepala OKI dan Liga Arab Nabil Al Iyad Madani Arabi
Kepala OKI dan Liga Arab Nabil Al Iyad Madani Arabi

Jeddah, 3 Ramadhan 1435/1 Juli 2014 (MINA) Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan Liga Arab menyerukan semua pihak yang bertikai di Suriah untuk melakukan genjatan senjata selama bulan suci Ramadan.

“Kepala OKI dan Liga Arab Nabil Al Iyad Madani-Arabi mendesak semua pihak yang berperang di Suriah berkomitmen untuk mengutamakan gencatan senjata total dan semua tindak kekerasan pada bulan suci Ramadhan,” katanya dalam sebuah pernyataan seperti dilaporkan International Islamic News Agency (IINA) dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) Selasa.

Pernyataan itu juga menyerukan pencarian solusi permanen untuk  menghentikan pertumpahan darah Suriah untuk meringankan penderitaan mereka dan memungkinkan organisasi bantuan untuk menjalankan tugasnya menyediakan bantuan kemanusiaan darurat ke daerah-daerah di seluruh wilayah Suriah.

OKI dan Liga Arab juga mendesak kekuatan regional dan internasional untuk mendukung menyebarkan upaya untuk membujuk pasukan rezim Suriah dan oposisi untuk menghentikan peperangan permanen demi terciptanya stabilitas keamanan Suriah.

PBB mengatakan bahwa lebih dari sekitar sembilan juta warga Suriah telah melarikan diri negaranya akibat perang, sementara data resmi pemerintah Suriah menyebutkan korban tewas lebih dari 162.000.

Sementara itu, rapat anggota Dewan OKI, yang diadakan di Jeddah baru-baru ini, menyetujui mendirikan markas permanen untuk Komisi Tetap OKI Independen untuk Hak Asasi Manusia di Jeddah.

Dalam pidatonya di hadapan Dewan, Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Saud Al-Faisal menyambut keputusan ini. Dia menegaskan dukungan penuh pihak kerajaan yang akan membangun kantornya. Dewan memilih sembilan anggota komisi untuk jangka waktu tiga tahun dimulai Februari 2015.

Lima anggota lama terpilih kembali untuk masa jabatan kedua, sementara empat anggota baru akan bergabung dengan komisi itu pada Februari tahun depan. 18 anggota komisi sedang melakukan pekerjaan mereka untuk mendukung upaya negara anggota dalam meningkatkan hak asasi manusia atas dasar piagam OKI. (T/P010/P04)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Admin

Editor: Widi Kusnadi

Comments: 0