Presiden Uni Eropa: Turki Contoh Terbaik Perlakukan Pengungsi

Gaziantep, Turki, 16 Rajab 1437/24 April 2016 (MINA) – Presiden Uni Eropa Donald Tusk memuji pemerintah Turki dengan mengatakan bahwa Turki adalah contoh bagi seluruh dunia tentang bagaimana harus memperlakukan pengungsi.

Dia juga memuji Turki sebagai contoh terbaik tentang bagaimana para pengungsi harus dirawat, demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Hal itu disampaikan saat Tusk bersama Kanselir Jerman Angela Merkel dan Wakil Presiden Komisi Eropa Frans Timmermans pada Sabtu (23/4) mengunjungi sebuah kamp di Nizip, dekat perbatasan Suriah dan sekitar 40 km sebelah timur dari Gaziantep.

Tusk mengatakan Uni Eropa akan menghabiskan € 1 miliar ($ 1,1 miliar) musim panas ini untuk proyek-proyek yang bertujuan meningkatkan kehidupan para pengungsi Suriah.

Baca Juga:  Demo Hentikan Genosida Israel di Gaza Digelar di Seluruh Eropa

Kunjungan itu dalam upaya untuk meningkatkan kesepakatan kontroversial antara Turki dan Uni Eropa.

Dalam kesepakatan yang disepakati bulan lalu, 28 anggota Uni Eropa menawarkan Turki paket insentif miliaran euro bantuan pengungsi agar bisa mencegah pengungsi melakukan perjalanan berbahaya ke Eropa.

Kunjungan para pemimpin Eropa itu juga untuk meresmikan sebuah proyek yang didanai Uni Eropa untuk mendukung anak-anak Suriah.

Selanjutnya mereka akan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu. (T/P001/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi