Abul Gheit: Liga Arab Belum Capai Konsensus tentang Kembalinya Keanggotaan Suriah

Beirut, MINA – Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Abul Gheit mengatakan pada Jumat (18/1), negara-negara anggota Liga belum mencapai konsensus tentang kembalinya Suriah ke blok 22 negara itu.

“Ketika ada konsensus Arab, dan ketika kami yakin tidak ada keberatan dari satu sisi atau sisi lain, itu akan sesederhana menempatkannya dalam agenda pertemuan,” katanya pada konferensi pertemuan Liga Arab di Beirut bersama Menteri Luar Negeri Lebanon Gebran Bassil.

Konferensi pers diadakan sebagai bagian dari KTT Pembangunan Ekonomi dan Sosial Arab, demikian Nahar Net melaporkan yang dikutip MINA.

Sebelumnya di hari itu, Bassil menyerukan agar Liga Arab menyetujui Suriah kembali menjadi anggota, setelah lebih dari tujuh tahun dicabut keanggotaannya.

Baca Juga:  Pemerintah Tunda Kewajiban Sertifikasi Halal UMKM Hingga 2026

Masalah apakah mengundang Suriah ke KTT atau tidak dan seruan untuk mengembalikan keanggotaan Liga Arabnya, telah menimbulkan kontroversi di Lebanon.

Liga Arab mencabut keanggotaan Suriah pada November 2011, karena meningkatnya angka kematian dalam penindasan brutal militer terhadap protes antipemerintah.

Perang Suriah telah menewaskan lebih dari 360.000 orang dan membuat jutaan orang terlantar sejak dimulai konflik dengan protes antipemerintah. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf