Israel Akan Alokasikan Satu Miliar Shekel untuk Rencana Pemukiman Baru

Jerusalem, MINA – Pemerintah Israel berencana mengalokasikan satu miliar shekel (mata uang Israel) untuk mendukung rencana perluasan permukiman di Tepi Barat yang diduduki.

Menurut The Palestinian Information Center, Sabtu (19/8), rencana tersebut berupaya membangun unit permukiman baru di beberapa wilayah Tepi Barat.

Sebelum itu, pendudukan juga telah melakukan perluasan permukiman ilegal di wilayah Laut Mati, Lembah Yordan, dan selatan al-Khalil.

Menteri Keuangan Israel, Bezalel Smotrich dan Menteri Misi Nasional dan Permukiman Israel, Orit Stork mengusulkan rencana yang bertujuan mendukung pemukim Yahudi untuk tinggal di Tepi Barat.

Di sisi lain, para aktivis Palestina terus menyeru kepada rakyatnya untuk meningkatkan aktivitas perlawanan mereka, menghadapi rencana perluasan permukiman Israel dengan segala cara.

Baca Juga:  [POPULER MINA] Israel Kalah, Kurban, dan Beasiswa Timur Tengah

Sejak Benjamin Netanyahu kembali menjabat sebagai perdana menteri Israel pada Desember 2022 lalu, pemerintahannya telah menyetujui pembangunan lebih dari 7.000 unit rumah baru di wilayah Tepi Barat yang diduduki.

Tindakan ilegal itu telah mendapatkan kecaman dari berbagai negara termasuk Jepang, Uni Eropa, dan Amerika Serikat. (L/cha/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf