Ketika Harga Pangan di Gaza Melonjak Drastis

Orang-orang berkumpul di sekitar seorang pria yang menyiapkan makanan di atas kompor luar ruangan di kamp pengungsi Palestina di Rafah di Jalur Gaza selatan, 31 Desember 2023. (Bashar Taleb / APA Images)

Oleh: Walaa Sabah, pekerja sosial di komunitas We Are Not Numbers

 

Sebelum bulan Oktober, Sabrin Yassin (48) membeli setengah kilo ragi seharga $1,40. Namun, pada akhir November, dia terkejut ketika penjual meminta $11 dengan jumlah yang sama.

“Ini delapan kali lipat dari yang biasa saya bayarkan,” katanya. “Memiliki ragi di rumah sama dengan memiliki emas saat ini. Kami terpaksa membuat kue tanpa ragi selama lebih dari 40 hari karena kelangkaannya dan kenaikan harga yang tajam.”

Karena penutupan perbatasan dengan sejak Oktober, makanan menjadi langka di Jalur Gaza. Masyarakat pada dasarnya bergantung pada bantuan yang diberikan oleh Badan untuk Pengungsi ().

Sabrin memiliki enam anak. Suaminya Jamal, yang sebelumnya bekerja sebagai pekerja pemeliharaan sekolah, adalah satu-satunya sumber pendapatan mereka. Dia berpenghasilan sekitar $330 sebulan, setengahnya digunakan untuk membayar angsuran mereka.

“Kami dulu tinggal di Abasan al-Kabira di Khan Younis [Gaza selatan], tapi pada 11 November, kami terpaksa berangkat ke pusat kota di Khan Younis setelah tentara Israel mengebom rumah kami,” katanya.

Tank kemudian mendekati pusat kota Khan Younis dan Israel melakukan pengeboman besar-besaran di daerah tersebut.

“Pada tanggal 5 Desember, kami terpaksa mengungsi ke daerah al-Hawouz di Khan Younis,” katanya. “Saat kami tiba, sekolah UNRWA di sana sudah penuh.”

Pengungsi dapat mendaftarkan namanya di sekolah UNRWA untuk menerima bantuan, tetapi karena kepadatan yang berlebihan, Sabrin dan keluarganya ditolak.

Baca Juga:  Israel Tangkap 15 Warga Palestina di Tepi Barat

“Kami punya kasur dan seprai, tapi kami diberi tahu oleh staf UNRWA untuk pergi,” katanya. “Mereka menolak menambahkan nama kami ke dalam daftar penerima bantuan.”

Sabrin menghabiskan dua hari di jalan sebelah sekolah Mustafa Hafez di Khan Younis, berharap dia diizinkan masuk, tetapi usahanya sia-sia. Dua hari kemudian, teman-teman mereka menawari mereka tempat berlindung di apartemennya.

“Kami tinggal bersama 13 orang lainnya. Kami tidak memiliki akses terhadap air minum atau makanan. Dua puluh orang berbagi satu kamar mandi kecil. Kami tidak bisa membersihkan setelah menggunakan kamar mandi, karena kami hanya mendapat air sepekan sekali.”

Semua orang adalah pengungsi sekarang

Sabrin terus berjuang untuk mendapatkan makanan bagi keluarganya. Karena status pengungsinya, ia biasa menerima bantuan makanan dari UNRWA setiap tiga bulan.

Itu terdiri dari tepung, susu, lentil (kacang-kacangan) dan minyak goreng.

Setelah tanggal 7 Oktober, UNRWA mulai memberikan bantuan makanan kepada semua orang, apa pun status pengungsinya. Pada awal perang, Sabrin mengunjungi fasilitas UNRWA di wilayah al-Sanaa dan menerima bantuan, meskipun menurutnya fasilitas tersebut sering kali “kacau dan tidak ada metode distribusi bantuan yang jelas.”

“Saya pergi ke sana tiga kali,” katanya, “meninggalkan rumah pada pukul 05.50 untuk menjadi yang pertama dalam antrean. Tapi para pengungsi sudah tinggal di sana, tiba sebelum saya.”

Setiap hari, mereka menutup fasilitas tersebut pada pukul 1 siang.

Baca Juga:  Israel Tutup Kantor Al Jazeera di Yerusalem 

“Saya pulang ke rumah dengan tangan kosong,” katanya.

Setelah berhari-hari tanpa tepung, Sabrin pergi ke toko pada suatu pagi di pertengahan bulan Desember pukul 6 pagi.

“Saya pergi secepat mungkin karena makanan sudah habis pada tengah hari,” katanya.

Biasanya, sekantong tepung seberat 25 kilogram berharga sekitar $8. Sekarang, harganya hampir $50 – harga yang mustahil.

“Saya mencoba menegosiasikan harga dengannya sampai dua pria lain mendekat,” katanya.

Orang-orang tersebut terus saling menawar hingga salah satu dari mereka membayar hampir $200 untuk sekantong tepung.

“Hanya orang-orang kaya yang mampu membayar harga ini,” katanya. “Kesediaan mereka untuk membayar berapa pun yang diminta pengecer, bahkan terkadang lebih, telah menyebabkan kenaikan harga secara signifikan, sehingga membuat kami, masyarakat miskin, harus berjuang keras.”

Menjatah tepung dan mendapatkan kembali bantuan

Sekelompok orang yang telah masuk ke gudang UNRWA di Gaza, mengambil tepung dan persediaan lainnya.

Truk bantuan juga telah dihentikan oleh orang-orang yang membutuhkan makanan.

“Orang-orang menghentikan bantuan di truk, mengambil makanan dan langsung memakannya. Dan betapa putus asa dan laparnya mereka,” kata seorang pejabat UNRWA kepada wartawan.

Sabrin mengatakan bahwa secara lokal, kelompok bantuan telah “menyediakan truk tepung ke mukhtar [walikota] di lingkungan tersebut untuk menjamin distribusi tepung yang adil. Mereka memberi keluarga-keluarga yang beranggotakan enam hingga delapan orang, seperti saya, tiga karung tepung.”

Baca Juga:  UNRWA Tolak Tinggalkan Rafah

Belakangan, dia hanya menerima dua karung tepung dan diberi tahu bahwa ada kekurangan tepung.

Sabrin telah belajar menjatah tepung untuk keluarga dengan tepat.

“Saya memanggang setiap tiga hari sekali, menyediakan porsi empat roti per orang selama periode tersebut,” katanya. “Saya mendorong anak-anak saya untuk makan satu sepertiga roti per hari.”

Dia mengatakan, sulit bagi anak bungsunya untuk membatasi asupan makanannya. Mereka lapar.

“Daripada kelaparan selama dua hari, mereka lebih baik kelaparan satu kali setiap tiga hari,” katanya.

“Mode bertahan hidup”

Salma Ahmed (27) mengungsi dari daerah al-Nazla di Gaza utara ke kota di selatan.

Dia adalah ibu dari seorang anak berusia 1 tahun dan telah merasakan dampak kenaikan harga. Sekaleng susu untuk anaknya berharga $5 sebelum perang, sekarang hampir $7.

“Saya mengunjungi apotek untuk membeli satu, dan kebetulan itu adalah kaleng terakhir,” katanya. “Namun, pada saat itu, pria lain menawar sekitar $27, dan apoteker menjualnya kepadanya.”

“Yang saya miliki saat itu hanyalah $13. Saya bermaksud membeli susu dan popok untuk bayi saya yang menderita kekurangan gizi.”

Kamel Muhanna di Khan Younis, yang mengelola toko kelontong, mengatakan kekurangan pangan disebabkan oleh penutupan semua penyeberangan dengan Israel.

“Pembagian Gaza oleh Israel menjadi utara dan selatan telah membuat transportasi barang antar wilayah di Jalur Gaza terhenti,” kata Muhanna.

“Pedagang grosir menjual kepada kami dengan harga tinggi, jadi kami harus membebankan harga lebih tinggi kepada orang-orang agar bisa mendapatkan keuntungan,” katanya.

Dia mengatakan bahwa orang-orang sekarang berada dalam “mode bertahan hidup” dan akan membayar berapa pun yang mereka harus bayar untuk mendapatkan makanan. (AT/RI-1/P2)

Sumber: The Electronic Intifada

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.