Kewajiban Menjaga Shalat Lima Waktu

Ali Farkhan Tsani

Oleh : Ali Farkhan Tsani, Daโ€™i Pondok Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Indonesiaย ย 

Allah Subhanahu Wa Taโ€™ala berfirman :

ุญูŽุงููุธููˆุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽูˆูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู ุงู„ู’ูˆูุณู’ุทูŽู‰ ูˆูŽู‚ููˆู…ููˆุง ู„ูู„ูŽู‘ู‡ู ู‚ูŽุงู†ูุชููŠู†ูŽ

Artinya, ”Peliharalah segala shalat-(mu), dan (peliharalah) shalat wustha. Berdirilah karena Allah (dalam shalatmu) dengan khusyuโ€™.” (QS Al-Baqarah [2]: 238).

Melalui ayat ini, Allah menerangkan tentang keutamaan atau shalat. Karena menjaga atau memelihara shalat merupakan bukti iman kita kepada Allah Yang Maha Besar.

Di sini Allah menekankan mengenai shalat wustha. Shalat wustha ialah shalat yang di tengah-tengah dan yang paling utama. Ada yang berpendapat, bahwa yang dimaksud dengan shalat wustha ialah shalat Ashar. Menurut kebanyakan ahli hadits, ayat ini menekankan agar semua shalat itu dikerjakan dengan sebaik-baiknya, bukan hanya shalat Ashar.

Adapun selanjutnya, Allah mengajarkan pula, agar dalam memelihara shalat, mestilah kita lakukan dengan khusyuโ€™, memusatkan konsentrasi di dalam shalat hanya kepada Allah semata-mata.

Tentang kewajiban shalat ini, disebutkan di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam bersabda :

ุฅูู†ูŽู‘ย ุจูŽูŠู’ู†ูŽย ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ูย ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽย ุงู„ุดูู‘ุฑู’ูƒูย ูˆูŽุงู„ู’ูƒููู’ุฑูย ุชูŽุฑู’ูƒูŽย ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู

Artinya : โ€œSesungguhnya batas yang memisahkan seseorang dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan shalat.โ€ (HR Muslim).

Begitulah, Allah memerintahkan kepada kita kaum muslimin untuk selalu menjaga terus-menerus melakukan shalat yang sehari semalam. Jika shalat itu kita pelihara dengan ikhlas, insya Allah akan dapat memelihara diri kita dari berbuat hal-hal yang jahat dan mungkar. Selain dari itu, juga dengan memelihara shalat akan dapat menjadi penenang jiwa dari segala kegelisahan yang menimpa diri kita.

Asy-Syaikh Sayyid Quthb menguraikan, memelihara shalat menjadi begitu penting mengingat shalat merupakan jalan pertemuan seorang hamba yang dhaif dengan Allah Yang Maha Besar. Dengan shalat, seorang hamba akan merasakan kedekatan dengan Allah, hati menjadi tenang, dan jiwa terbasuh kesejukan. Shalat ibarat sumber mata air sejuk yang tak pernah kering oleh terik panas perjalanan dunia. Karenanya, orang yang berakal sehat pasti gembira mencelupkan dirinya ke dalam mata air shalat lima waktu sehari semalam.

Di samping itu, shalat merupakan penghubung antara makhluk dengan Sang Khalik. Shalat merupakan sebesar-besar tanda keimanan seseorang dan seagung-agung syiar keislaman seseorang. Shalat merupakan tanda syukur atas nikmat yang telah dikaruniakan Allah kepada hamba-Nya. Shalat merupakan salah satu rukun Islam yang lima dan merupakan Islam.

Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam bersabda :

ุงูŽู„ุตูŽู‘ู„ุงูŽุฉู ุนูู…ูŽุงุฏู ุงู„ุฏู‘ูŠู’ู†ู ููŽู…ูŽู†ู’ ุงูŽู‚ูŽุงู…ูŽู‡ูŽุง ููŽู‚ูŽุฏู’ ุงูŽู‚ูŽุงู…ูŽ ุงู„ุฏู‘ูŠู’ู†ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุชูŽุฑูŽูƒูŽู‡ูŽุง ููŽู‚ูŽุฏู’ ู‡ูŽุฏูŽู…ูŽ ุงู„ุฏู‘ูŠู’ู†ู

Artinya : โ€œShalat adalah tiang agama. Barangsiapa yang menegakkan shalat,maka berarti ia menegakkan agama, dan barang siapa yang meninggalkan shalat berarti ia merobohkan agamaโ€. (HR Bukhari Muslim).

ุฑูŽุฃู’ุณู ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑู ุงู„ู’ุฅูุณู’ู„ุงูŽู…ูุŒ ูˆูŽุนูŽู…ููˆู’ุฏูู‡ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงูŽุฉูุŒ ูˆูŽุฐูุฑู’ูˆูŽุฉู ุณูŽู†ูŽุงู…ูู‡ู ุงู„ู’ุฌูู‡ูŽุงุฏู ูููŠู’ ุณูŽุจููŠู’ู„ู ุงู„ู„ู‡

Artinya : “Pokok agama adalah Islam, tiangnya adalah shalat, dan puncaknya adalah jihad di jalan Allah.” (HR At-Tirmidzi).

Keutamaan-Shalat-Wajib-5-WaktuPentingnya Menjaga Shalat

Tentang pentingnya menjaga shalat ini, disabdakan oleh beliau :

ู…ูŽู†ู’ ุญูŽุงููŽุธูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽูˆูŽุงุชู ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุณู ุฑููƒููˆุนูู‡ูู†ูŽู‘ ูˆูŽุณูุฌููˆุฏูู‡ูู†ูŽู‘ ูˆูŽูˆูุถููˆุฆูู‡ูู†ูŽู‘ ูˆูŽู…ูŽูˆูŽุงู‚ููŠุชูู‡ูู†ูŽู‘ ูˆูŽุนูŽู„ูู…ูŽ ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ูู†ูŽู‘ ุญูŽู‚ูŒู‘ ู…ูู†ู’ ุนูู†ู’ุฏู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉูŽ

Artinya : “Barangsiapa selalu menjaga shalat wajib yang lima, baik rukuโ€™, sujud, wudhu atau waktu-waktunya, dan ia mengetahui bahwa semua itu merupakan kewajiban dari sisi Allah, maka ia akan masuk surga.” (HR Ahmad).

Begitu nikmatnya ibadah shalat, hingga Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam menjadikannya sebagai kenikmatan tersendiri. Sehingga shalatnya sanggup berlama-lama. Beliau munajat, berdialog, dan merasakan lezatnya shalat. Sampai-sampai beliau menyatakan :

ย ูˆูŽุฌูุนูู„ูŽุชู’ ู‚ูุฑูŽู‘ุฉูŽ ุนูŽูŠู’ู†ููŠ ูููŠ ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงูŽุฉ ู

Artinya : โ€œDijadikannya mataku sejuk dalam shalatโ€.(HR An-Nasa’i, Ahmad dan Al-Hakim).

Inilah di antara manfaat shalat yang sangat agung, mendekatkan hamba dengan Dzat yang paling kita perlukan dalam menyelesaikan problem hidup. Maka, marilah jangan sampai kita menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Jangan sampai kita lalai dalam detik-detik shalat kita. Jangan pula terburu-buru dalam shalat kita, seakan tidak ada manfaat padanya. Dengan shalat itulah akan menjadi sarana menakjubkan untuk mendatangkan pertolongan dan dukungan Allah Ta’ala.

Pada hadits lain beliau menyatakan :

ู…ูŽู†ู’ ุญูŽุงููŽุธูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู„ูŽู‡ู ู†ููˆู’ุฑู‹ุง ูˆูŽุจูุฑู’ู‡ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽู†ูŽุฌูŽุงุฉู‹ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉูุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูุญูŽุงููุธู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒูู†ู’ ู„ูŽู‡ู ู†ููˆู’ุฑูŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ุจูุฑู’ู‡ูŽุงู†ูŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ู†ูŽุฌูŽุงุฉูŒุŒ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ู…ูŽุนูŽ ู‚ูŽุงุฑููˆู’ู†ูŽุŒ ูˆูŽููุฑู’ุนูŽูˆู’ู†ูŽุŒ ูˆูŽู‡ูŽุงู…ูŽุงู†ูŽุŒ ูˆูŽุฃูุจูŽูŠูู‘ ุจู’ู†ู ุฎูŽู„ูŽูู.

Artinya : “Barangsiapa yang menjaganya () maka pada hari Kiamat dia akan memperoleh cahaya, bukti nyata (yang akan membelanya), dan keselamatan. Dan barangsiapa yang tidak menjaganya, maka dia tidak memiliki cahaya, tidak memiliki bukti nyata (yang akan membelanya), dan tidak mendapatkan keselamatan, serta pada hari Kiamat dia akan (dikumpulkan) bersama Qarun, Fir’aun, Haman, dan Ubay bin Khalaf.” (HR Ahmad dan Ad-Darimi).

Doa Agar Tetap Shalat

Marilah kita perbanyak doa berikut ini agar kita dan anak keturunan kita Allah berikan hidayah untuk menjadi hamba-hamba-Nya yang memelihara shalat.

ุฑูŽุจู‘ ุงูุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ููŠ ู…ูู‚ููŠู… ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉ ูˆูŽู…ูู†ู’ ุฐูุฑูู‘ูŠูŽู‘ุชููŠ ุฑูŽุจู‘ู†ูŽุง ูˆูŽุชูŽู‚ูŽุจูŽู‘ู„ู’ ุฏูุนูŽุงุกู

Artinya : โ€œYa Tuhanku, jadikanlah aku orang yang menegakkan shalat beserta anak keturunanku, ya Tuhan kami kabulkanlah doa kamiโ€. (QS Ibrahim [14] : 40). (P4/P2)

Miโ€™raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0