MINA Publishing House Terbitkan Buku “Muslim Melayu Penemu Australia”

Cover Buku Muslim Melayu Penemu Australia. (Doc. MINA)

Jakarta, 14 Rabi’ul Akhir 1438/13 Januari 2017 (MINA) – Mi’raj Islamic News Agency Foundation melalui penerbitnya MINA Publishing House menerbitkan buku berjudul “Muslim Melayu Penemu Australia: Potret Muslim Indonesia di Benua Kangguru”. Buku ini ditulis seorang tokoh Muslim Melayu asal Aceh yang sudah tinggal lebih dari 23 tahun di Australia, Dr. Teuku Chalidin Yacob, MA. JP.

Ketua Tim Penerbitan MINA Publishing House Rana Setiawan menjelaskan, buku setebal 252 halaman itu mengungkapkan fakta-fakta terkini mengenai keberadaan pelaut Muslim Melayu (Bugis-Makassar) di Australia jauh sebelum Kapten James Cock mendarat di negeri yang berpenduduk asli Aborigin tersebut.

Baca Juga:  Syarat Gabung OECD Harus Kerja Sama dengan Israel, Sukamta: Jangan Gadaikan Konstitusi 

“Buku ini dapat menambah khasanah intelektual Islam dan literatur kepustakaan Islam, serta bermanfaat sebagai titik awal untuk meluruskan sejarah yang sebenarnya tentang pendatang awal dan sekaligus penemu Benua Australia,” kata Rana yang juga wartawan senior di Kantor Berita MINA (Mi’raj Islamic News Agency) di Jakarta, Jumat (14/1).

Selain mengungkapkan sejarah Muslim Melayu penemu benua Australia, buku ini juga akan memperluas pengetahuan tentang pendatang Muslim Melayu khususnya komunitas Muslim Indonesia, dengan mengulas kapan datang, apa motif kedatangan, kegiatan dan kisah sukses mereka serta bagaimana mengatasi permasalahan yang dihadapi selama berada di Australia.

Rencananya, buku tersebut juga akan diterbitkan dalam bahasa Inggris.

Baca Juga:  Situasi Belum Kondusif, MER-C Terus Pantau Kondisi Relawannya di Jalur Gaza

Dr. Teuku Chalidin Yacob, MA. JP., penulis buku, menyatakan, buku yang baru diterbitkan itu semula adalah tesis yang dipertahankannya dalam bidang pendidikan dan pemikiran Islam untuk meraih doktor di Universitas Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia pada 2009 lalu.

“Saya menginginkan buku yang diterbitkan MINA Publishing House dari tesis saya ini sebagai titik awal untuk meluruskan sejarah yang sebenarnya tentang pendatang awal dan sekaligus penemu Benua Australia,” ujar Teuku Chalidin yang juga Presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Australia kepada MINA di Sydney.

Buku “Muslim Melayu Penemu Australia: Potret Muslim Indonesia di Benua Kangguru” ini dapat dipesan melalui online di tokomina.com atau dapat menghubungi marketing MINA Publishing House 082111085075 juga dapat melalui hotline Kantor Berita Islam MINA 08111692322.

Baca Juga:  Prof Amany: Program Muslimah Preneur Fokus Soal Ketahanan Keluarga

Perlu diketahui Dr. Teuku Chalidin Yacob, MA., JP., adalah tokoh masyarakat Muslim dan pendidikan Islam di Australia. Ulama asal Aceh ini pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Pelajar islam Indonesia (PB PII) Periode 1986-1989. Dia adalah pendiri Ashabul Kahfi Islamic Centre Australia. Saat ini juga menjabat sebagai anggota Dewan Imam Nasional Australia (ANIC) dan Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Australia. (L/R01/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan