Remaja Palestina Pertama Tewas oleh Tentara Israel pada 2018

Ayah Musab Tamimi menangisi kematian anaknya. (Foto: Issam Rimawi/AA)

 

Ramallah, MINA – Musab Firas Al-Tamimi, pemuda berusia 17 tahun, menjadi remaja Palestina pertama di tahun 2018 yang tewas oleh tentara Israel.

Pasukan Israel menembak mati Musab pada hari Rabu (3/1) di desa Deir Nitham di pinggiran utara kota Ramallah, Tepi Barat yang diduduki.

“Dia meninggal tak lama setelah pasukan pendudukan menembakkan peluru ke lehernya,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Maria Aqraa kepada Al Jazeera yang dikutip MINA.

“Dia dipindahkan ke rumah sakit di Ramallah dan dia meninggal beberapa menit kemudian,” tambahnya.

Aqraa mengatakan Musab ditembak saat terjadi konfrontasi dengan tentara Israel.

Baca Juga:  Tentara Israel Serbu Masjid Ibrahimi, Larang Azan Berkumandang

Menurut situs berita Times of Israel, tentara Israel mengatakan bahwa Musab “tampaknya memegang pistol”, tapi tidak segera dikonfirmasikan apakah benar Musab memegang senjata pada saat penembakan tersebut.

Seorang juru bicara tentara dilaporkan mengatakan bahwa pembunuhan Musab sedang diselidiki.

Musab adalah anggota keluarga Tamimi yang tinggal di desa Nabi Saleh yang berdekatan dengan desa Deir Nitham.

Empat wanita  dari keluarga Tamimi sekarang berada di dalam tahanan Israel, termasuk remaja ternama Ahed Tamimi yang berusia 16 tahun.

Keluarga tersebut telah dianiaya bertahun-tahun oleh tentara Israel yang telah menahan dan membunuh beberapa anggota dari keluarga itu.

Setiap pekan, warga kedua desa melakukan demonstrasi tidak bersenjata melawan pencurian tanah mereka oleh otoritas pendudukan Israel.

Baca Juga:  Mantan Mossad: Ekonomi Israel Runtuh dan Kalah Perang di Gaza

Kematian Musab membuat korban tewas warga Palestina sejak 6 Desember meningkat menjadi 18 orang, 14 orang tewas oleh tembakan tentara Israel dan empat lainnya oleh serangan udara Israel di Gaza. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik