Sekjen Kemeristekdikti: Izinkan PTA Beroperasi Guna Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Sekjen Kemeristekdikti) Ainun Na’im dalam acara ‘Dissemination of International Accreditation, IABEE Inauguration and International seminar on Quality of Engineers’. (Foto: Risma MINA)

Jakarta, MINA – Tujuan dan motivasi utama pemerintah Indonesia mengizinkan atau membuka Perguruan Tinggi Asing (PTA) beroperasi di Indonesia adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Jenderal Kemeterian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Sekjen Kemeristekdikti) Ainun Na’im usai acara ‘Dissemination of International Accreditation, IABEE Inauguration and International seminar on Quality of Engineers’ di Jakarta, Selasa (13/3).

“Supaya masyarakat Indonesia bisa melihat dari dekat atau mengakses dari dekat perguruan tinggi yang lebih baik itu seperti apa. Oleh karena itu kita harapkan yang membuka akses nya ke Indonesia itu yang mutunya tinggi,” ujarnya.

Tetapi, tambah Ainun, perguruan tinggi yang memiliki reputasi dan yang berkualitas tinggi itu belum tentu berminat. “Jadi saat ini mereka juga sedang menganalisis, apakah kira-kira bagi mereka itu juga baik untuk menetap di Indonesia,” katanya.

Kita tidak terlalu banyak mengatur kerjasama antara PTA dan perguruan tinggi dalam negeregi, lanjutnya, tetapi yang penting adalah mereka dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Kerjasama antara PTA dan perguruan dalam negeri itu mungkin lebih banyak terkait konten lokal yang harus diberikan, misalnya Pancasila,” pungkasnya. (L/R09/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)