Di GNB, Menlu Palestina Puji Indonesia

Margarita, , 14 Dzulhijjah 1437/16 September 2016 (MINA) – Menteri Luar Negeri (Menlu) Palestina kembali menekankan penghargaannya atas kontribusi berkelanjutan Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

Hal tersebut disampaikan oleh Riyad Al Maliki dalam pertemuan dengan Menlu RI Retno L.P. Marsudi pada Kamis (15/9) di sela-sela pertemuan tingkat menteri untuk mempersiapkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Non-Blok () di Margarita Island, Venezuela.

Kedua menlu juga membahas mengenai pentingnya dukungan internasional terhadap perjuangan Palestina. Indonesia merupakan salah satu negara yang berpartisipasi dalam Paris Meeting pada 3 Juni 2016, demikian laporan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dalam sebuah pernyataan yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Isu mengenai Palestina juga dibahas oleh Menlu RI dan Perancis dalam pertemuan bilateral kedua negara pada 6 Juli 2016.

“Indonesia telah dan akan secara konsisten membawa isu mengenai kemerdekaan Palestina di berbagai pertemuan yang dihadiri, agar isu kemerdekaan Palestina mendapat perhatian dan dukungan internasional,” ucap Retno.

Terkait dengan dukungan Indonesia kepada rakyat Palestina, Retno menegaskan Indonesia akan melanjutkan bantuan dan pemberian kerja sama teknis kepada Palestina.

Menlu RI juga menyampaikan dukungan kepada rakyat Palestina tidak saja datang dari Pemerintah Indonesia namun juga secara nyata dari masyarakat Indonesia.

“Masyarakat Indonesia sangat mendukung perjuangan rakyat Palestina. Hal ini dapat dilihat dari pembangunan rumah sakit di Gaza yang dananya datang dari sumbangan masyarakat Indonesia,” jelas .

Sebagai bagian dari rangkaian , Indonesia juga berpartisipasi dalam pertemuan Komite Palestina GNB di Margarita Island pada hari yang sama. (L/R04/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.