PEMIMPIN DUNIA DUKUNG PALESTINA PADA SIDANG UMUM PBB

Persatuan Bangsa Bangsa
PBB (Foto: mi'rajnews)
PBB (Foto: mi’rajnews)

New York, 8 Dzulhijjah 1435 H/2 Oktober 2014 M (MINA) – Sejumlah pemimpin dunia menyatakan  dukungan kepada pemecahan masalah Palestina dalam perdebatan umum pada sesi ke-69 sidang Majelis Umum PBB di New York, seperti yang dikemukakan utusan-utusan dari Oman, Barbados, Belize, Nicaragua, Maladewa, Equador, Benin, Mauritius, Paraguay, dan C. Verde.

Dalam perdebatan umum hari keenam itu, para pemimpin negara tersebut menekankan, pemecahan masalah Palestina tentu akan meningkatkan perdamaian ke wilayah tersebut. Kantor berita Palestina, Wafa melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

Menteri Urusan Luar Negeri Kesultanan Oman, Yousef Bin Al-Alawi Bin Abdulla, mengatakan, Timur Tengah akan melalui fase sulit karena bergulat dengan beberapa krisis pada kurangnya konsensus internasional tentang penyelesian masalah Palestina.

“Kami berpikir, situasi umum di Timur Tengah memerlukan posisi bersatu untuk memecahkan krisis ini, yang paling utama adalah masalah Palestina. Tanpa diragukan lagi, negara tersebut terletak di pusat konflik. Kami perhatikan, Palestina telah menunjukkan kesediaan untuk masuk ke dalam kemitraan sejati dalam damai dengan Israel berdasarkan konsep dua negara berdampingan dalam damai hidup, Israel belum menunjukkan kerja sama yang bertanggung jawab karena terus resor untuk kekuatan militer sebagai alat untuk mencapai keamanan,” kata Menlu Oman.

Ia menyatakan, keamanan dan stabilitas tidak dapat dicapai melalui penggunaan kekuatan yang berlebihan. Jalan untuk mencapai keamanan dan stabilitas yang mendukung pemulihan ekonomi dan sosial hanya dapat diwujudkan melalui kemitraan dalam perdamaian antara Palestina dan Israel. “Kami percaya ada kesempatan sekarang untuk mencapai tujuan ini menyusul perjanjian gencatan senjata dicapai antara kedua belah pihak. Kami menekankan pentingnya kedua belah pihak menyepakati perjanjian ini dan menghindari pelanggaran dengan justifikasi atau dalih,” katanya.

Dalam hal ini, ia menyerukan kepada Palestina dan Israel untuk melanjutkan perundingan guna mencapai penyelesaian yang adil dan komprehensif. Perundingan ini akan memberikan ketenangan dan keamanan bagi Israel dan menanggapi harapan dan aspirasi rakyat Palestina.”

Baca Juga:  Demo Hentikan Genosida Israel di Gaza Digelar di Seluruh Eropa

Sementara itu Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Luar Negeri Belize, Wilfred Elrington, mengatakan sangat prihatin dengan kematian dan penghancuran baru-baru ini yang dilakukan Israel  kepada warga sipil Palestina yang tidak bersalah, khususnya perempuan dan anak-anak tak berdaya di Gaza.

“Kami mengulangi dukungan kami untuk co-eksistensi Negara Israel dan Negara Palestina dalam perdamaian dan keamanan di perbatasan internasional pra-1967 masing-masing seperti yang diakui oleh masyarakat internasional,” katanya.

Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Luar Negeri Barbados, Maxine Pamela Ometa McClean, menyatakan, Barbados telah lama mendukung negosiasi solusi dua negara untuk masalah Palestina, hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri, dan untuk hidup dalam damai dan keamanan di sebuah negara Palestina dalam perbatasan pra-1967.

Posisi Barbados ‘adalah Negara Israel memiliki hak untuk eksis dan orang-orang Israel memiliki hak untuk hidup dalam keamanan dan untuk melakukannya dengan pengakuan penuh dan tak perlu dari seluruh dunia.

Palestina juga berhak menikmati hasil kemakmuran dalam negara sendiri. Eskalasi belum pernah terjadi sebelum tahun ini dari krisis di Palestina. Lagi-lagi, kebutuhan mendesak untuk mencapai perdamaian, solusi yang dirundingkan, dan kami mengajak semua pihak untuk mendedikasikan kembali diri mereka untuk mencapai tujuan ini.”

Menteri Luar Negeri Republik Nikaragua, Samuel Santos Lopez mengatakan,”Kita harus mengakhiri segera pendudukan ilegal oleh Israel dari tanah Palestina, dan tidak memungkinkan Israel untuk sekali lagi melanjutkan agresi dan serangan brutal pada laki-laki Palestina, perempuan dan anak-anak.”

“Dewan Keamanan harus menuntut supaya Israel mengakhiri kebijakan dan praktek-praktek ini untuk membuat jalan bagi Negara yang berdaulat dan independen Palestina, berdasarkan perbatasan pra-1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya sehingga kedua negara berdamai, Palestina dan Israel dapat hidup berdampingan dalam keamanan. Nikaragua menegaskan kembali, solidaritas mutlak dan tanpa syarat dengan negara Palestina dalam perjuangan mereka untuk kebebasan mereka dan hak-hak asasi mereka.” Demikian Menlu Nikaragua.

Baca Juga:  Presiden Iran Alami Kecelakaan Helikopter di Azerbaijan Timur

Sementara itu Presiden Republik Maladewa, Mohamed Waheed, menyatakan,”Kadang-kadang, kekerasan dan pertumpahan darah, konflik dan pergolakan yang kita saksikan sehari-hari, tampaknya tak tertahankan. Pada bulan Juli tahun ini, kita menyaksikan dengan kesedihan, serangan mengerikan terhadap Gaza dalam siklus yang tak terhitung jumlahnya. Hati kita menangis untuk anak-anak yang tak terhitung jumlahnya yang kehilangan nyawa mereka, ibu yang kehilangan anak-anak mereka, bangsa, Negara Palestina, yang kehilangan warga yang tak terhitung jumlahnya. Setelah protes global, dan pencurahan penghukuman, ketika senjata berhenti menembak, dan bom berhenti menjatuhkan, dunia tampaknya telah pindah ke krisis berikutnya.”

“Siklus berita telah menemukan headline mereka berikutnya. Namun, kami di sini ingatkan lagi, pengepungan belum berakhir. Blokade belum berakhir, Gaza telah dihancurkan. Palestina masih ditolak hak mereka untuk menjadi bangsa yang berdaulat sendiri, di atas tanah mereka sendiri, untuk hasil kerja mereka.”

Presiden Maladewa, mengatakan,  anak-anak yang ditolak hak untuk menentukan nasib mereka sendiri. “Apakah Anda bersedia untuk membiarkan melanjutkan ini? Kita harus berbuat lebih banyak, untuk membantu mewujudkan impian perdamaian di Timur Tengah, dan solusinya dengan menghentikan perseteruan dua-negara. Kita harus melanjutkan pembicaraan perdamaian, dengan tujuan yang jelas.” Tegasnya.

 

Equador buka perwakikan diplomatik

Menteri Luar Negeri dan Politik Equador, Leonardo Arizaga, mengemukakan dalam perdebatan di Majlis Umum PBB,  pada 17 Juli 2014 yang lalu, Pemerintah Equador sangat mengutuk serangan militer Israel ke wilayah Palestina dan menuntut gencatan segera. Operasi militer Israel terus melancarkan serangan membabi buta terhadap penduduk sipil di Jalur Gaza.

“Negara saya membuat panggilan kepada masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawab bersama untuk menghentikan serangan membabi buta untuk menyelamatkan nyawa tak berdosa dan melestarikan perdamaian dan keamanan Sebagai wujud dukungan bagi perjuangan Palestina internasional,” kata Arizaga.

Baca Juga:  AWG Tawarkan Berkurban di Gaza Lewat Mesir dan India

Ia mengungkapkan, Equador memutuskan untuk membuka perwakilan diplomatik ke Palestina dan beberapa hari lagi kami akan mengirim bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

Perwakilan Benin, Jean-Francis Régis Zinsou, sangat mendesak adanya solusi yang dirundingkan dengan situasi di Timur Tengah yang telah berlangsung terlalu lama.

“Mempertahankan status quo tidak dapat dipertahankan dalam segala hal. Seseorang tidak dapat menunda lagi pengakuan Palestina sebagai negara berdaulat, sebagai anggota penuh PBB dan hidup harmonis dengan Israel. Pengakuan itu tentu akan menciptakan momentum yang akan menurunkan ketegangan di Timur Tengah dan akan menciptakan kondisi yang adil dan abadi serta penyelesaian konflik dan masalah kompleks lainnya yang mengganggu wilayah ini,” demikian sikap Benin.

Sementara itu, Perwakilan Republik Mauritius, Nyamrajsingh Meetarbhan mendesak masyarakat internasional untuk menyelesaikan nasib rakyat Palestina. Mauritius sangat mendukung hal ini. Orang-orang dari Negara Palestina telah menderita sangat panjang dari ketidakadilan yang dilakukan kepada mereka dan harus diizinkan untuk hidup bermartabat dan damai dalam batas-batas yang diakui. ‘

Perwakilan Paraguay, José Antonio Dos Santos, mengatakan,”Sekali lagi, kami menyerukan kepada Israel dan Palestina untuk mengatur dasar bagi pembangunan sosial, politik dan ekonomi yang akan memungkinkan kedua bangsa untuk hidup berdampingan secara damai dan harmonis.Saat ini, kita harus memberikan dorongan kuat untuk proses negosiasi antara dua pihak, yang akan memungkinkan untuk perdamaian abadi, agar Israel dan Palestina untuk hidup berdampingan, dengan perbatasan yang aman, damai.”

Menteri Luar Negeri C. Verde, Jorge Alberto Silva Borges, mengatakan, negaranya melihat pentingnya mencari solusi untuk konflik Israel-Palestina.

“Bagi kami, tidak ada pembenaran atas kematian ribuan orang yang tidak bersalah, penderitaan yang tidak beralasan dari seluruh penduduk, dan kesedihan dan kehancuran infrastruktur di Gaza. Oleh karena itu kami mendesak semua pihak untuk memulai negosiasi yang dapat menyebabkan perdamaian abadi dan yang memungkinkan kedua Negara, Israel dan Palestina, hidup berdampingan dalam keamanan,”katanya. (T/P011/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor:

Comments: 0